Arsip Berita | Mei 2019
Tips Menghafal Al-Qur'an Ala Syeikh Basith

  24 Mei 2019    46

Syeikh Abdul Basith Musfi, pemuda 23 tahun keturunan Indonesia yang lahir di Mekah itu masih terus melakukan safari dakwah ke berbagai daaerah di Indonesia. Dakwahnya disambut baik masyarakat dan jemaah di masjid-masjid di kota maupun pelosok Nusantara yang ia datangi.

Dalam..
tausiyahnya, Syeikh Basith yang telah khatam menghafal Al-Qur’an 30 juz itu selalu menjelaskan pentingnya umat muslim menjadikan Al-Qur’an sebagai pedoman kehidupan, mempelajarinya dan menghafalnya. Karena ayat-ayat sucinya akan memberi syafaat di akhirat kelak.

Salah satunya ketika ia memberi motivasi anak-anak muda..
dan jemaah di Masjid Raya Al A’zhom, Tangerang, Banten, Senin (20/5). Ia pun berbagi tips cara mudah menghafal Al-Qur’an. Yang pertama tutur Syeikh Basith adalah meluangkan waktu untuk menghafalnya.

Kemudian yang kedua adalah sering mendengarkan lantunan Al-Qur’an yang dihafalkan. Ketiga, mengulangnya..
kembali. “Jadi kita jangan hanya bisa mengingat lagu tapi harus bisa juga menghafal ayat-ayat sucinya,” ujar guru Universitas Umul Qura’ Mekah itu.

Sementara itu yang keempat menurut Syeikh Basith, dalam menghafal seorang santri harus memiliki guru yang membimbingnya. Dan yang terakhir..
adalah restu orangtua. “Minta doa dari ayah dan ibu untuk dilancarkan dan dimudahkan dalam menghafal Al-Qur’an,” tuturnya.

Di Masjid Al A’zhom Syeikh Basith memimpin sholat Magrib, Isya dan Tarawih. Ia mengapresasi program “Roadshow Imam Muda Ramadhan 1440 H” yang diinisiasi PPPA..
Daarul Qur’an. Menurutnya, program ini memberi semangat para santri Daarul Qur’an berlomba-lomba menjadi yang terbaik agar bisa keliling Indonesia bahkan dunia untuk mendawamkan Al-Qur’an.

“Saya senang sekali program imam muda ini sangat bagus karena saat ini sudah banyak anak-anak muda penghafal..
Al-Qur’an yang berbakat khususnya para santri-santri Daarul Qur’an. Saya berdoa agar semakin banyak penghafal Al-Qur’an yang lahir di Indonesia,” ucapnya.

Tangerang adalah kota ke-16 dari 30 kota yang ia datangi. Saat ini ia sedang berada Yogyakarta dan Semarang. Roadshownya akan ditutup..
di Masjid Agung Garut, Jawa Barat. Dukung “Roadshow Imam Muda Ramadhan 1440 H” semoga setiap langkah dakwah para syeikh dan santri menjadi keberkahan untuk kita semua. Aamiin Allahumma Aamiin.

Geser halaman untuk melihat halaman lainnya..



Berita terakhir lainnya pada periode ini ..