Artikel
Merindu Ramadan

  949


Ramadhan adalah tamu agung yang sangat dirindukan oleh mereka yang mengharapkan surga dari Allah SWT. Hari ada tujuh, yang paling utama adalah hari Jumat. Bulan ada 12, yang paling utama adalah bulan Ramadan. Tidak semua orang dikasih kesempatan untuk menikmati hari-hari istimewa di bulan ini. Maka, apabila diberikan umur panjang, manfaatkan yang maksimal.

Jangan sampai kita seperti tahun-tahun sebelumnya, kita lebih banyak tidur, ngegosip, dosa jempol. Dosa jempol tahu ga? Dosa jempol itu twitteran, BBM-an, tapi ngomongin orang, bukan dakwah. Itu ga bener. Bulan puasa, dosa-dosa semacam itu tutup. Kalau udah masuk bulan puasa, mulai perbanyak beribadah. Habis Tarawih melihat ceramah, lanjut tilawah, lalu di sepertiga malam sebelum sahur isi dulu dengan Qiyamul lail, MasyaAllah.

Buat orang beriman, mudah-mudahan kita termasuk di dalamnya, kebanyakan sudah bersiap-siap menyambut bulan Ramadan sejak dari Rajab. Sejak Rajab dia sudah ON.

Bagi yang telat, karena mungkin kesibukan atau ketidaktahuannya, perkara yang nomor satu yang mesti dihidupin adalah ilmu. Jadi, ga mungkin kita tahu Ramadan itu seperti apa tanpa kita belajar. Salah satu cara belajar bisa dengan mendengar ceramah-ceramah di televisi, radio, youtube, membaca buku, atau datang ke kajian-kajian langsung.

Amalnya orang-orang yang berpuasa dilipatgandain sama Allah. Yang tadinya dibayar sepuluh, bulan puasa dibayarnya 100 sampai ribuan kali lipat. Dosa-dosanya diampunin. Doanya kemudian dikabulin, Subhanallah. Tidak ada waktu terlama kita dekat dengan Sang Khalik kecuali saat kita puasa. Karena, saat berpuasa, kita dekat 12 jam bersama Allah, kalau di Indonesia. Ada tempat-tempat lain yang waktu puasanya lebih panjang lagi. Di Atlanta atau di beberapa daerah di Amerika, ada musim yang waktu maghribnya jam 20.30.

Di Indonesia, selama 12 jam itu dekat dengan Allah karena kita berpuasa. Wa bil khusus di bulan suci Ramadhan, 24 jam kita bersama Allah. Tidurnya aja InsyaAllah jadi ibadah. Walaupun haditsnya dipertanyakan, tapi apapun yang dilakukan oleh umat Islam selama bulan Ramadan, asalkan niatnya benar karena Allah, dia sudah jadi ibadah sepanjang-panjangnya.

 

sumber : yusufmansur.com



Artikel lainnya ..


Arsip Artikel