Berita
Merayakan Ramadhan Setelah Bencana (Recovery Magelang)

  19 Mei 2017    1,073

“Sampai pembangunan instalasi air hari ini, sudah masuk minggu ketiga PPPA Daarul Qur’an Yogyakarta terus mendampingi warga Kampung Deles, Kecamatan Grabag, Magelang setelah banjir bandang 29 April 2017 lalu,” ujar Maulana Kurnia Putra, Pimpinan Cabang PPPA Daarul Qur'an Yogyakarta.

Warga Kampung Deles sudah memulai pembangunan instalasi air untuk kampung mereka pada Kamis, (18/5). Ini adalah ikhtiar pembangunan untuk pemenuhan kebutuhan urgen warga kampung yang terdiri dari 60 KK atau sekitar 240 jiwa. Pembangunan instalasi air 9.000 liter harus segera diwujudkan karena Ramadhan akan segera tiba.

Paska banjir bandang akhir April 2017 lalu, lima kampung di Kecamatan Grabag di lereng Gunung Andong Magelang luluh lantak. Sejak masa evakuasi, PPPA Daarul Qur’an terus melakukan aksi program Siaga Bencana (SIGAB) dengan membangun dapur umum, merenovasi masjid, trauma healing, hingga aksi recovery pembangunan instalasi air.

Pembangunan instalasi air ini sudah direncanakan sejak minggu kedua paska banjir bandang. Perencanaan dan survei jalur air dilakukan tim SIGAB bersama para warga menyusur sungai bekas banjir. Warga yang mayoritas petani kopi juga ikut berfikir keras merancang bangunan instalasi air berkapasitas 9.000 liter dengan saluran sepanjang 2,5 KM tersebut.

Membangun dan memulihkan Kampung Deles adalah ikhtiar merayakan ramadhan. Air harus segera mengaliri pipa-pipa menuju masjid agar ramai saat ramadhan. Pembangunan instalasi air kali ini juga menjadi ikhtiar para orang tua dengan pamrih anak-anak mereka bisa mengaji di masjid tanpa rasa khawatir. Berharap, ada berkah untuk kampungnya setelah bencana yang menelan korban jiwa dan harta.

Semoga dalam tujuh hari ke depan, bertepatan dengan malam tarawih pertama, air bersih sudah mengaliri pipa-pipa menuju masjid dan rumah penduduk agar warga dapat khusyuk beribadah selama ramadhan. Semoga, setelah bencana lalu, Kampung Deles segera bangkit dan merayakan ramadhan bersama kita semua. InsyaAllah.



Berita terakhir lainnya ..