Berita
Pesantren Literasi bersama 3.500 Penerima Manfaat

  19 Mei 2017    812

PPPA Daarul Qur’an telah menyiapkan sejumlah kegiatan untuk menyambut hadirnya Ramadhan, bulan suci nan mulia. Salah satunya adalah Pesantren Literasi bersama peserta Beasiswa Tahfizh Qur’an (BTQ) for Leaders. Program ini merupakan penguatan program dakwah di wilayah desa binaan para mahasiswa-mahasiwi BTQ for Leaders.

Pesantren Literasi bertujuan agar kegiatan Ramadhan di kampung-kampung yang telah ditentukan para peserta BTQ for Leaders, menjadi lebih bermakna. Program-program literasi anak, edukasi Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) dan lomba-lomba ramadhan ceria akan digelar selama dua pekan ramadhan.

Pun dengan buka puasa dan khataman Qur’an bersama warga menjadi hal yang tak ketinggalan pada kegiatan Pesantren Literasi ini. PPPA Daarul Qur’an melalui para peserta BTQ for Leaders juga akan menyebar parcel ramadhan untuk anak-anak dhuafa yang berada di desa binaan tersebut.

Sebanyak 68 mahasiswa-mahasiswi dari 24 Perguruan Tinggi Negeri (PTN) ditempatkan di desa-desa yang memang membutuhkan seperti kampung-kampung kaum marginal, wilayah yang masih mengalami ketimpangan baik dari segi ekonomi, sosial, pendidikan dan kesehatan.

Target penerima manfaat dari Pesantren Literasi yakni 3.500 orang yang tersebar di wilayah Jakarta, Bogor, Bandung, Semarang, Jogjakarta,Malang, Surabaya dan Makassar. Daerah-daerah ini dipilih berdasarkan letak wilayah yang tak jauh dari kampus-kampus para penerima beasiswa.

Pesantren Literasi merupakan salah satu proses melatih para peserta BTQ for Leaders untuk memiliki jiwa kepemimpinan. Sebab, setelah lulus nanti mereka memang akan ditugaskan turun langsung ke daerah-daerah marginal, minoritas dan wilayah yang masih mengalami ketimpangan.

Para peserta BTQ for Leaders adalah mereka yang punya komitmen jadi penghafal Qur’an dan pendakwah. Mereka digodok untuk terjun langsung menyelesaikan permasalahan masyarakat mulai dari sisi ekonomi, sosial, pendidikan, kesehatan dan yang paling utama ialah keagamaan.

Nilai-nilai Qur’an akan selalu diselipkan dalam setiap kegiatan dan syiar peserta BTQ for Leaders kepada masyarakat. Program ini merupakan salah satu upaya PPPA Daarul Qur’an menciptakan calon-calon pemimpin dari level tengah (mahasiwa) yang selalu menanamkan Qur’an di dalam hatinya. Semoga Allah meridhoi ikhtiar ini, Aamiin.



Berita terakhir lainnya ..