Berita
R-GASS : Remaja Gaul Aktif Soleh Solehah

  20 Mei 2018    120

Entah apa yang melatarbelakangi para remaja di Banyuasin kian gandrung dengan komunitas. Hampir tiap tempat ada komunitas dengan nama dan kebiasaan unik masing-masing.

Kebiasaan ini ditangkap Annisa, Kader Tahfizh Daarul Qur’an yang bertugas di Kampung Qur’an Parit Gantung, Banyuasin Sumatera Selatan, dengan membuat Remaja Gaul Aktif Soleh Solehah (R-GASS). “Komunitas ini dibentuk untuk meminimalisir kebiasaan buruk anak muda yang biasa nongkrong di Pelabuhan," ujar Annisa.

Cara Kader Tahfizh asal Brebes ini mendekati remaja memang unik. Ia tak menghakimi mereka yang baru belajar huruf Alqur’an meskipun sudah masuk SMA. Pelan-pelan santri R-GASS ini bertambah banyak. Saat ini sudah 16 anak muda yang rutin datang setor hafalan.

"Akibat keseringan nongkrong, anak muda sering lupa ibadah, merokok dan hal yang lain," tambah Annisa.

Kehadiran Annisa memang menjadi harapan warga Parit Gantung. Memaksimalkan potensi anak muda, agar punya cara lain berekspresi dengan menghafal Qur’an.

Kini, sudah lima orang selesai ujian tahfizh juz 30. Ujian dilaksanakan di rumah santri, disaksikan kedua orangtua. “Ujian Tahfizh di rumah santri menjadi sarana dakwah yang efektif untuk keluarga," imbuh Annisa.

Kehidupan dan kemiskinan di Parit Gantung seakan tidak menjadi penghalang anak-anak belajar Qur’an. "Selepas sekolah biasa anak-anak ke kebun, bekerja mencungkir kelapa," Annisa menambahkan.

Gadis lulusan Sosiologi Universitas Islam Negeri (UIN) Sunan Gunung Djati Bandung ini berharap, selama bertugas di Parit Gantung, ia bisa mencetak banyak kader lokal yang kelak akan menggantikannnya berdakwah.

PPPA Daarul Qur’an memang sengaja membentuk program Kader Tahfizh untuk mengakselerasi dakwah gerakan tahfizhul Qur’an agar semakin banyak penghafal Alqur’an yang lahir demi mewujudkan mimpi besar “Membangun Dunia dengan Alqur’an”.

Seluruh masyarakat, jemaah dan donatur dapat ikut terlibat mendukung dakwah kader tahfizh mendawamkan Qur’an di seluruh penjuru Indonesia dengan klik sedekahonline.com.





Berita terakhir lainnya ..