Berita
Doa Antara Takjil Ramadan Kali Code

  31 Mei 2018    198

Puluhan bocah berdatangan ke aula lantai satu, pun puluhan ibu memasuki ruang utama Masjid Al-Hikmah, Terban, Kota Yogyakarta, Jawa Tengah. Masjid di Kampung Ledok di bawah jembatan Gondolayu ramai dikunjungi warga menjelang berbuka puasa. Biasanya, para ibu sedang masyuk di sepanjang Kali Code untuk berbincang, arisan kecil, beberapa mencuci baju, dan mengantri untuk mandi di kamar mandi umum.

Corong suara masjid mulai menggemakan suara seorang pembicara, mengisahkan tentang Kaum Nabi Musa as. yang meminta untuk miskin karena kurang bersyukur, para ibu menyimak tenang. Pembicara itu kemudian bicara tentang rumah yang kecil dan hidup nan sederhana, keadaan yang akrab dengan warga Kali Code, namun dipenuhi iman dan rasa syukur akan lebih membahagiakan dibandingkan kecukupan yang menyesakkan dada tanpa rasa syukur.

Pembicara itu adalah Muhammad Yahya, seorang peserta program Beasiswa Tahfizh Qur’an (BTQ) for Leaders di wilayah Yogyakarta, yang tengah mengisi tausiyah pembukaan Program Pesantren Literasi Ramadan sekaligus penyaluran program Berbagi Takjil Ramadan dan Berbagi Senyum Lebaran di tepian Kali Code pada Rabu (30/5) kemarin.

Kali Code, di sepanjang lorong-lorong antara rumah-rumah yang bertumpuk, bersama Tim PPPA Daarul Qur’an dan beberapa peserta BTQ for Leaders, dakwah Al Qur’an telah berlangsung dua tahun terakhir. Para bocah kini mulai lancar membaca Al Qur’an dan pada 2 Juni nanti akan berlangsung Wisuda Surat Ar Rahman. Para ibu mulai mengindahkan menghafal Al Qur’an anak-anaknya. Di kampung yang dikenal “gelap”, kini cahaya-cahaya mulai memendar.

Derak dakwah Al Qur’an di Kali Code pun tidak semata karena hadirnya para Penghafal Al Qur’an binaan PPPA Daarul Qur’an, tetapi juga karena ada kesetiaan para guru Qur’an dan pejuang lainnya di Kampung Ledok, Terban. Mereka berderak pelan sunyi di tengah riuh tengah Kota Yogyakarta.

Pada Ramadan 2018 ini, semoga Program Berbagi Senyum Lebaran dan Berbagi Takjil Ramadan di Kali Code menggugah tenaga mereka untuk berjalan lebih jauh lagi, memendarkan para bocah lebih terang, dan menderakkan warga lebih giat lagi untuk menjadi muslim yang lebih baik yang kelak akan menghadirkan ulama dan cendikia dari Kali Code, kampung bawah Jembatan Gondolayu, Kota Yogyakarta. Aamiin, insyaallah.

Photo lainnya dalam Berita ini ..




Berita terakhir lainnya ..