Berita
Bantu Masyarakat Terdampak Erupsi Gunung Agung

  03 Juli 2018    339

Gunung Agung mengalami erupsi pada Senin (2/7) pukul 21.04 WITA. Menurut laporan Pusat Vulkanologi dan Mitagasi Bencana Geologi (PVMBG) Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM), erupsi ini ada pada tahap level III (Siaga).

Dilansir dari detiknews, erupsi terjadi disertai dentuman saat lava pijar keluar dari magma yang dangkal. Peristiwa itu terekam melalui seismogram dengan amplitudo maksimum 24 mm dan durasi +/- 7 menit 21 detik.

Kolom abu berwarna kelabu dengan intensitas tebal mengarah ke arah barat. Selain itu tinggi kolom abu teramati +/- 2.000 meter di atas puncak (+/- 5142 meter di atas permukaan laut). Dengan demikian, pihak Kementerian ESDM menghimbau warga agar tidak melakukan pendakian dalam radius 4 km dari kawah puncak gunung.

Saat ini ribuan warga telah dievakulasi dan tengah mengungsi di desa-desa yang aman. Karenanya PPPA Daarul Qur’an mengajak seluruh masyarakat Indonesia, donatur dan jemaah membantu masyarakat Gunung Agung. Tim Siaga Bencana (SIGAB) akan membuat dapur umum serta mendistribusikan masker dan logistik.

Bantu masyarakat terdampak erupsi Gunung Agung dengan klik sedekahonline.com.



Berita terakhir lainnya ..