Berita
Merdeka Menghafal Qur'an

  07 Agustus 2018    305

Menjelang peringatan Hari Kemerdekaan Republik Indonesia yang ke 73 tahun. Semangat untuk membangun Indonesia juga digaungkan PPPA Daarul Qur’an Malang yang mengadakan kegiatan Mobile Qur’an (MoQu) ke 73 sekolah di daerah Malang Raya dan Jawa Timur. Tiada lain harapan semoga MoQu dapat mengenalkan kepada sekolah, TPQ dan rumah tahfizh agar lebih mencintai Alqur’an sepenuh hati.

Di awal Agustus lalu, tim MoQu menuju Kota Probolinggo, Basuki, dan Situbondo untuk memberikan motivasi Alqur’an. Ada sekitar enam tempat sekolah yang tengah menunggu kehadiran MoQu. Pada Kamis (02/8), tepatnya di lapangan sekolah SMPN 7 Probolinggo, ada 500 peserta yang telah duduk rapi memakai seragam merah khas sekolahnya.

Para peserta sangat antusias menyambut kehadiran MoQu sejak pagi. Sekitar pukul 08.00 WIB, Pak Zain membuka kegiatan MoQu dengan sambutan hangat dan pengenalan tentang program-program unggulan di PPPA Daarul Qur’an. Dilanjutkan oleh Kak Chika yang memberikan ice breaking senam otak untuk melatih konsentrasi para peserta. Tujuan senam otak ini tak lain agar para peserta fokus belajar menghafal Qur’an.

Usai bersenang-senang, para peserta mendapatkan materi tentang tips mudah menghafal Qur’an dari Kak Adit dan Kak Naen yang merupakan santri rumah tahfizh putra PPPA Daarul Qur’an Malang. “Tiga hal yang adek-adek bisa lakukan kalau mau belajar menjadi penghafal  Qur’an. Yaitu niat, sering membaca Qur’an dan murajaah hafalannya,” tutur Kak Adit menyampaikan motivasinya.

Selain itu, MoQu juga melanjutkan aksinya di SMPN 1 Subuh, MI Daarul Hikmah, Rumah Tahfizh Ar Ridwan, SD Kelaseman Probolinggo, dan Rumah Tahfizh Panglima DAQU Probolinggo. Menariknya, ketika mengisi di MI dan rumah tahfizh, ada Kak Mila yang memberikan dongeng menarik cerita para penghafal Qur’an. Bersama boneka yang di beri nama “Cally”, Kak Mila berhasil mengambil hati para peserta dengan cerita kemudahan menghafal Qur’an.

Hal yang paling disenangi anak-anak saat itu adalah ikut kuis berhadiah Alqur’an dan peralatan sekolah. Di wajah mereka, tampak kegembiraan mendapatkan hadiah sederhana tersebut. Para peserta juga diajarkan belajar untuk berbagi kepada sesesama. PPPA Daarul Qur'an Malang mengajak mereka bersedekah untuk membantu para korban gempa Lombok, Nusa Tenggara Barat (NTB).

Mungkin inilah cara PPPA Daarul Qur’an dalam memaknai hari kemerdekaan Negeri tercinta yakni dengan Membangun Indonesia dengan Alqur’an. Semoga semakin banyak generasi penghafal Qur’an calon pemimpin bangsa masa depan. Aamiin.

Photo lainnya dalam Berita ini ..




Berita terakhir lainnya ..