Berita
Rumah Qur'an Lombok Mulai Rampung

  10 Oktober 2018    151

Aktris Marcella Zalianty tak sanggup menyembunyikan kesedihannya saat melihat dengan mata kepala sendiri reruntuhan rumah korban gempa di Dusun Melempo, Desa Obel-obel, Kecamatan Sambelia, Lombok Timur, Nusa Tenggara Barat (NTB). Terlebih saat Masur, salah satu korban menceritakan bencana yang baru saja mereka alami. Bersama Arzeti Bilbina, Wanda Hamidah dan Nunu Datau, Marcella datang ke Dusun Melempo untuk menyerahkan bantuan rumah dari para artis yang tergabung dalam Persatuan Artis Film Indonesia (PARFI) 56, Selasa (9/10).

Gempa bumi berkekuatan 6,4 skala richter mengguncang Lombok, NTB dan sebagian wilayah di Bali pada 29 Juli 2018 lalu, disusul gempa berkekuatan 7 skala richter pada 5 Agustus 2018. Setelahnya ribuan gempa susulan terjadi di Lombok. Data BNPB mencatat ratusan ribu unit rumah rusak, korban jiwa mencapai ratusan orang. Duka memayungi Pulau Seribu Masjid, julukan kota Lombok.

Dusun Melempo menjadi satu desa terdampak gempa Lombok. Sebanyak 600 rumah rata dengan tanah. Hingga hampir dua bulan lamanya warga harus tinggal di kamp pengungsian yang pastinya sangat tidak nyaman bagi mereka terlebih bagi anak-anak dan balita. Melihat kondisi demikian PPPA Daarul Qur’an yang sejak awal terjadinya gempa hadir di Lombok memberikan bantuan kesehatan, dapur umum dan lainnya tergerak menghadirkan rumah atau hunian layak bagi masyarakat terdampak gempa.

“Kami melihat tidak lama lagi akan datang musim hujan. Pastinya bukan kondisi yang ideal jika masyarakat harus tinggal dalam tenda pengungsian. Maka itu setelah tahap pemberian bantuan kesehatan kami tergerak untuk membangun hunian bagi masyarakat,” ujar Direktur Eksekutif PPPA Daarul Qur’an, Tarmizi As Shidiq.

Memperhatikan kondisi Lombok yang rentan gempa dan reruntuhan rumah warga akhirnya dibangun hunian dengan konsep Recycle House. Konsep ini adalah membangun rumah memanfaatkan bekas reruntuhan rumah yang masih layak dipakai seperti batu bata, kusen jendela, keramik lantai dan lainnya. Dengan konsep ini maka penggunaan material baru bisa ditekan sekaligus menghadirkan konsep rumah yang artistik dan ramah gempa.

Konsep rumah ini pun disambut baik masyarakat terdampak gempa. Dalam pembangunannya, masyarakat dilibatkan bersama dengan sistem dibuat satu kelompok yang terdiri dari beberapa warga untuk membangun rumah bersama. Sehingga tercipta suasana keakraban dan gotong royong di masyarakat. “Dengan penggunaan material lama, masyarakat juga tida kehilangan nilai historis pada rumah baru mereka. Sehingga tidak menghilangkan kenangan mereka pada rumah sebelum terjadinya gempa,” tambah Tarmizi.

Program pembangunan rumah ini pun mendapat sambutan luas dari masyarakat. Sejumlah komunitas seperti PARFI 56 tergerak untuk ikut urun rembug dalam program ini. Lewat program One Help One (OHO) mereka mengajak rekan-rekan artis dan masyarakat umum ikut terlibat dalam kegiatan ini. “Apa yang dilakukan oleh PPPA Daarul Qur’an ini sangat menarik dan rumah ini memang sangat dibutuhkan masyarakat terdampak gempa. Maka itu kami berusaha mendukung kegiatan ini dengan melibatkan kawan-kawan artis,” ujar Marcella.

Sejauh ini kata Marcella, sudah ada tiga rumah dari kawan-kawan Parfi 56 dan akan terus bertambah kedepannya. Marcella ingin kerja sama dengan PPPA Daarul Qur’an tidak berhenti pada program di Lombok saja. Mereka berharap selalu dilibatkan dalam setiap kegiatan kemanusiaan yang diinisiasi oleh lembaga yang didirikan oleh Ustad Yusuf Mansur ini.

“Insya Allah setelah kegiatan ini kami bersama akan bergerak membantu saudara kita terdampak gempa bumi dan tsunami di Palu dan Donggala. Semoga bantuan kawan-kawan dan masyarakat lainnya mendapat balasan setimpal dari Allah SWT,” tutur Marcella.

Selain Parfi 56, rumah Qur’an dari doantur, nasabah CIMB Niaga Syariah, Mitra PayTren dan Muslimah Daqu juga sudah berdiri di Dusun Melempo. PPPA Darul Qur’an sendiri menargetkan pembangunan 1000 rumah untuk korban gempa Lombok. Bagi masyarakat yang ingin terlibat bisa berpartisipasi melalui sedekahonline.com.

Photo lainnya dalam Berita ini ..




Berita terakhir lainnya ..