Berita
Gelaran MHQ Nasional DAQU di Solo

  19 November 2018    362

Satu per satu santri-santri terbaik Pesantren Tahfizh Daarul Qur’an dari seluruh Indonesia berdatangan di Solo, Jawa Tengah untuk mengikuti Musabaqah Hifzhil Qur’an (MHQ) Nasional Pesantren Tahfizh Daarul Qur’an ke-VII yang berlangsung di gedung Pesantren Daarul Qur'an Putra dan Putri Desa Colomadu, Karanganyar, Jawa Tengah pada 17-19 November 2018. Inilah momen acara tahunan yang paling dinanti bagi para santri penghafal Qur’an binaan Daarul Qur'an.

Antusiasme peserta memuncak setelah prosesi pembukaan acara oleh KH Yusuf Mansur pada Sabtu (17/11) lalu. Acara ini dibarengi dengan penyerahan hibah  Bank Indonesia (BI) wilayah Surakarta berupa satu unit mobil Toyota Innova untuk operasional pesantren. Selain itu, saat ini juga sedang dilakukan proses kerjasmaa pengadaan Laboratorium Komputer dan Bahasa untuk Pesantren Daarul Qur'an Soloraya.

Acara yang dikemas dalam 17 kategori lomba ini diikuti  247 santri dan berlangsung hingga Senin (19/11). Satu per satu rangkaian perlombaan mulai terlaksana. Wajah-wajah santri tahfizh Qur’an silih berganti menaiki panggung perlombaan menghadap para dewan juri. Santri-santri lain pun saling memberikan dukungan sembari bermuraja’ah menyiapkan penampilan terbaiknya nanti.

Ustadzah Nunung, salah satu pengajar Shighor Putri Ketapang, Tangerang mengaku bahwa gelaran MHQ Daarul Qur'an ini menjadi acara yang ditunggu dan salah satu bahan motivasi terbesar untuk menguatkan hafalan santri. Ikhtiarnya dalam menampilkan santri binaan terbaiknya, beliau harus mengadakan proses karantina dalam satu bulan belakangan. Salah satunya ialah Athiya Zahratussita (11) Juara 1 kategori MHQ 5 juz yang menjadi perhatian utama beliau. Materi hafalan dan sikap percaya diri di atas panggung harus dibentuk hingga Athiya memberanikan diri untuk tampil di panggung bergengsi ini.

Rangkaian acara MHQ Nasional ke-VII ditutup  Ustad Muhammad Anwar Sani, pada Senin (19/11) di Gedung Ismail Pesantren Tahfizh Daarul Qur'an Surakarta. Senyum kemenangan kembali terurai bersama dengan pemberian piala penghargaan bagi pemenang lomba untuk setiap kategori. Semoga dimensi dakwah, kompetisi, dan silaturrahim selanjutnya berkiprah di MHQ Daarul Qur'an tingkat internasional pada tahun-tahun mendatang. Aamiin.

Photo lainnya dalam Berita ini ..




Berita terakhir lainnya ..