Arsip Berita | Oktober 2009
QUIS for Tahfidz

  21 Oktober 2009    900



Tak heran, dulu kaum paganis Quraisy pun memiliki ritual kurban. Ibnu Juraij meriwayatkan, orang-orang jahiliah berkurban dengan daging dan darah unta untuk Ka'bah. Melihat hal tersebut, para sahabat mengadu kepada Rasulullah SAW seraya berkata, "Bukankah kita yang lebih..

berhak berkurban?"

Dari peristiwa ini turunlah ayat : "Daging-daging unta dan darahnya itu sekali-kali tidak dapat mencapai (keridhaan) Allah, tetapi ketakwaan dari kamulah yang dapat mencapainya...." (QS. Al Hajj: 37).

Menurut Ibnu Jarir, Surah Al Kautsar ayat 1-2..

tadi bermakna: "Jadikanlah shalatmu ikhlas hanya untuk Allah semata dengan sama sekali tidak mengharapkan kepada selain daripada-Nya. Demikian juga kurban yang kamu tunaikan, niatkanlah hanya untuk Allah, tidak untuk berhala-berhala, sebagai realisasi syukur atas apa yang telah dianugerahkan Allah kepadamu..
yang tak terhingga banyaknya."

Dalam hadits Aisyah ra disebutkan bahwa Rasulullah SAW berwasiat: "Sungguh, pahala sedekah telah sampai kepada Allah sebelum ia sampai ke tangan orang yang menerima, dan darah hewan kurban telah berada di sisi Allah sebelum ia..

mengalir di tanah." (HR. Ibnu Majah).

Di hadits lain, juga dari Aisyah, Nabi SAW berwasiat : "Tidak ada suatu amalan yang paling dicintai oleh Allah dari Bani Adam ketika Hari Raya Idul Adha selain menyembelih hewan kurban. Sesungguhnya hewan..

itu akan datang pada hari kiamat (sebagai saksi) dengan tanduk, bulu, dan kukunya. Dan sesungguhnya darah hewan kurban telah terletak di suatu tempat di sisi Allah sebelum mengalir di tanah. Karena itu, bahagiakan dirimu dengannya." (HR. Tirmidzi, Ibnu Majah, dan..
Hakim).

Dalam satu keluarga (rumah), dianjurkan setidaknya ada seorang anggotanya yang berkurban. Sesuai dengan harapan Nabi Muhammad SAW: “Dianjurkan bagi setiap keluarga menyembelih qurban” (HR. Ahmad, Abu Dawud, At-Tirmidzi, An-Nasa`i, dan Ibnu Majah).

Rasulullah SAW dan para shahabat..

yang mampu, biasanya berkurban dengan dua ekor kambing (kibas) yang gemuk, sehat, dan bertanduk (HR Bukhari).

Kepada putri tercinta, Rasul pun berpesan, “Duhai Fatimah, bangunlah dan saksikanlah qurbanmu. Karena setiap tetes darahnya akan memohon ampunan dari setiap dosa yang..

telah kaulakukan…” (lihat Sayyid Sabiq, Fikih Sunnah XIII/165).

Berikhtiar meningkatkan kemaslahatan kurban para donatur, tahun ini PPPA Daarul Qur’an mengemas Program QUIS (Qurban Istimewa). ‘’Kurban akan didistribusikan untuk pesantren tahfidz di Indonesia, sehingga manfaatnya lebih dirasakan oleh santri, guru..

tahfidz, dan lingkungan pesantren. Semoga keberkahannya berlipat ganda lantaran kurban dinikmati jejaring penghafal Qur’an,’’ tutur Darmawan Setiadi, manager program PPPA Daqu.

 

Geser halaman untuk melihat halaman lainnya..



Berita terakhir lainnya pada periode ini ..