Arsip Berita | Desember 2011
Pesantren PETUAH di 20 Rumah Tahfidz Palangkaraya

  07 Desember 2011    2,642

Antusiasme masyarakat untuk menyertakan anaknya dalam program Rumah Tahfidz memang sangat tinggi, meski pada faktanya santri yang dibina justru lebih banyak untuk belajar mengenal huruf dan membaca Al Qur’an. Sementara, untuk tahap menghafal Al-Qur’an (Tahfidzul Qur’an) presentasenya masih sedikit. Sedangkan jika dilihat..
dari sisi pencapaian target, Rumah Tahfidz harus mampu menghasilkan sebanyak-banyaknya santri penghafal Al Qur’an.

Untuk lebih meningkatkan kuantitas dan kualitas santri-santri Rumah Tahfidz di wilayah Palangkaraya, PPPA Daarul Qur’an melakukan dua hal, yakni peningkatan kapasitas guru-guru tahfidz dan percepatan program penghafalan bagi santri-santri..

Qur’an. Untuk peningkatan kapasitas guru-guru tahfidz adalah dengan melakukan program-program pelatihan yang rutin dan bertahap. Materi-materi Tahsinul Qur’an dan tajwid menjadi konsentrasi peningkatan kemampuan yang dimaksud, disamping langgam atau lagu yang standar untuk diajarkan guru kepada santri-santrinya. Di sisi lain, methodolgi pengajaran tahfidzul Qur’an termasuk..
quantum tahfidzpun diperkenalkan kepada guru-guru tahfidz sehingga santri-santri akan semakin meningkat kualitas dan kuantitas hafalannya. Oleh karena itu PPPA Daarul Qur’an menempatkan 2 orang hafidz/hafidzah yang akan melakukan pembinaan khusus kepada guru-guru tahfidz yang ada.solid black; margin: 5px;" />

Untuk menghasilkan kualitas dan kuantitas bacaan santri, maka PPPA Daarul Qur’an melalui Koordinator wilayah melakukan terobosan program dengan melakukan program Pesantren Tahfidz Sabtu, Ahad atau disingkat dengan Petuah. Petuah adalah kegiatan pesantren tahfidz yang sifatnya rutin setiap..

Sabtu, hingga Ahad dengan santri yang tetap dengan konsentrasi pada pengahafalan Al Qur’an dan penerapan Daqu Methode (Sholat wajib dan sunnah rowatib serta dzikir, sholat malam, sholat dhuha dan sedekah).

Santri-santri yang mengikuti Petuah ini adalah santri-santri berprestasi dari 20 rumah tahfidz..

yang ada di kota Palangkaraya. Santri diseleksi di tingkat Rumah tahfidz masing-masing baik dari sisi bagusnya membaca Al Qur’an (tahsin dan tajwid) serta banyaknya jumlah hafalan yang dimiliki santri. Seluruh santri yang lulus di tingkat Rumah Tahfidz, akan mengikuti Petuah secara rutin hingga..
program berjalan setahun dan akan dievaluasi untuk pelaksanaan tahun berikutnya. Dengan adanya kegiatan ini diharapkan percepatan prestasi santri akan semakin baik, sehingga mampu menghasilkan hafidz-hafidzah yang berkualitas yang mampu menjadi kebanggaan kota palangkaraya.

solid black; margin: 5px;" />Dalam Pesantren Tahfidz Sabtu Ahad (Petuah) kegiatan-kegiatan yang dijalankan adalah Bimbingan hafalan dan setoran, motivasi, sholat berjamaah termasuk bakdiyah qobliyahnya, sholat malam dan dzikir, sholat dhuha dan juga Tasmi’ Qur’an.

 

Geser halaman untuk melihat halaman lainnya..



Berita terakhir lainnya pada periode ini ..