Arsip Berita | Maret 2012
Rumah Quran PPPA di Pedalaman Pulau Timor

  02 Maret 2012    1,395

Tak hanya Umar Nenoliu, keluarga muslim lainnya di OeUe juga mengalami hal sama. Mereka tinggal di hunian amat sederhana beratap ilalang, seperti Ume Kubu. Awal pekan lalu, PPPA Daarul Quran untuk kedua kalinya datang ke desa itu. Kali..

ini, melanjutkan diskusi tentang konsep Kampung Quran di pedalaman. Dalam suasana pertemuan penuh kekeluargaan di Masjid An-Nur, Wakil Direktur Program dan Komunikasi, Sunaryo Adhiatmoko mebentangkan konsep Kampung Quran. Pemaparan itu diterjemahkan langsung oleh Ust Syarifudin Nobisa ke dalam bahasa asli..
Timor.

Kampung Quran adalah pembangunan kawasan berbasis penghafal Al-Quran. Seperti di OeUe, Kampung Quran diawali dengan dakwah sosial melalui pembangunan hunian yang sehat dan layak melalui program Rumah Quran. Selain makanan pokok sebagai masalah dasar, muslim minoritas di OeUe..

amat terbatas dalam tempat tinggal yang layak. Para suami, didorong derajatnya untuk memberikan perlindungan pada istri dan anak-anaknya, melalui tempat tinggal yang pantas dan menjaga kehormatan para istri dan anak-anak.

“Allahuakbar”, teriak warga serempak di dalam majsid. Para suami..

hatinya bergetar dengan ungkapan itu. Semangatnya mendidih untuk menyiapkan kayu, batu, dan kerja gotongroyong. Komitmen untuk selalu sholat Jamaah, juga ditegakan dalam kesepakatan warga yang diputuskan usai sholat Jumat lalu. Mereka juga akan mengikuti jejak anak-anaknya yang sudah aktif ke..
masjid dan pengkajian Al-Quran. Satu hal yang membanggakan dari mereka adalah, semagat anak-anak OeUe menggelora, pada pendidikan dan minat membaca Al-quran. Suara lantunan adzan dan ayat suci dari rongga mulut mereka juga terdengar indah.

Tahapan Kampung Quran OeUe sudah..

dimulai hari ini. Dimulai pembangunan 50 unit Rumah Quran, pembangunan Saung Quran (asrama santri untuk rumah tahfidz), penempatan Dai Hafidz Quran, dan pendampingan masyarakat berbasis penghafalan Al-Quran. Insya Allah, secara alamiah, Kampung Quran OeUe akan jadi pesantren kampung di pedalaman...
Di dalam Rumah Quran, mereka akan mendaras dan menghafal Al-Quran, memperbaiki akhlak, dan menyempurnakan pilihan hidup mereka sejak berhijrah memeluk Islam. Wallahu’alam.

http://pppa.or.id/daqu/gallery/category/25-pedalaman-pulau-timor

 

Geser halaman untuk melihat halaman lainnya..



Berita terakhir lainnya pada periode ini ..