Arsip Berita | November 2013
Penanaman 1000 Cendana di Kampung Qur’an Oe Ue

  14 November 2013    2,457

Sabtu (9/11) pagi PPPA Daarul Qur’an melakukan penanaman 1000 bibit pohon cendana di kampung Qur’an Oe Ue yang terletak di Desa Mauleum, Kecamatan Amanuban Timur, Kabupaten Timor Tengah Selatan, Nusa Tenggara Timur (NTT). 

NTT memang dikenal sebagai daerah penghasil Cendana dengan kualitas yang baik. Kayu Cendana sendiri memiliki nilai ekonomis yang..
tinggi. Sudah sejak lama kayu Cendana dijadikan sebagai bahan pembuat parfum dalam indutsri komestika. 

Penanaman 1000 bibit pohon cendana ini merupakan khtiar untuk pemberdayaan ekonomi dengan memanfaatkan tanah wakaf dan sebagai upaya penghijauan yang pada akhirnya akan menjaga mata air yang berada di lokasi tersebut. 

“Alhamdulillah di pagi ini kita bisa berkumpul..
dalam momen istimewa penanaman 1000 pohon cendana. Harapan kami pohon ini dijaga dengan baik hingga bisa berguna baik anak dan cucu kita dikemudian hari” ujar ustad Bilal dari PPPA Daarul Qur’an. 

Sejak pagi hari ratusan warga Oe Ue yang terdiri dari kaum pria, wanita dan anak-anak berdatangan kelokasi penanaman. Sebelumnya lokasi..
penanaman sudah mereka bersihkan dan membuat lubang-lubang kecil dengan jarak 3 meter dari lubang satu ke lubang lainnya untuk tempat penanaman. 

Herman (42) mengaku senang dengan program penanaman ini. Ia mengatakan dulunya warga takut akan keberadaan pohon Cendana. Karena hanya pemerintah yang boleh menebang pohon tersebut meski warga yang menanamnya. 

“Maka itu..
kami menyebut Cendana dengan sebutan Hau Lasi atau pohon bermasalah karena salah tebang bisa didenda atau masuk penjara” ujar Herman mengenang. 

Kini warga sudah tidak takut lagi untuk menanam Cendana. Maka ketika Daarul Qur’an berencana untuk menanam 1000 pohon Cendana di tanah wakaf seluas satu hektar tersebut semua warga menyambut gembira...
Tidak saja para orang tua namun juga anak-anak sangat bersemangat bergotong royong menanam pohon-pohon tersebut. 

Sebelum acara penanaman Ustad Bilal mengajak seluruh warga untuk sama-sama berdoa bagi keberkahan Kampung Qur’an Oe Ue dan juga agar pohon yang mereka tanam bisa bermanfaat. Selain itu juga tidak terlupa mendoakan kepada para Jamaah yang..
telah menyalurkan bantuannya lewat Daarul Qur’an. 

“Terima kasih untuk semua yang membantu kami lewat Daarul Qur’an. Kami senang, kalian semua baik kepada kami” ujar Herman sambil tersenyum. 

Geser halaman untuk melihat halaman lainnya..



Berita terakhir lainnya pada periode ini ..