Arsip Berita | September 2013
Menyiapkan Qurban Berkualitas dan Syari

  11 September 2013    3,833

Mempersiapkan event Qurban 1413 H/2013, PPPA Daarul Qur’an terus berbenah dan mengevaluasi pelaksanaan Qurban Istimewa (Quis) tahun lalu dan kesiapan tahun ini. Salah satu yang paling penting, yakni penyiapan stock hewan qurban.

Evaluasi dari Quis sebelumnya, ketersediaan hewan qurban yang berkualitas selalu jadi kendala. Salah satu sebabnya, karena tingginya harga hewan..
qurban yang terus naik tiap tahun. Selain itu, keberatan dari pekurban yang menerima laporan, karena hewan qurbannya kecil. Bahkan, ada satu daerah yang menolak hewan qurban karena ukurannya yang terlalu kecil.

Realita ini yang coba dijembatani PPPA Daarul Qur’an kepada para calon pekurban, bahwa untuk mencapai kualitas..
hewan qurban berkualitas, tidak bisa dihindari pada harga qurban. Untuk bobot 30 kg kambing saja, sudah di atas Rp 2 juta. Itu di harga peternak. Sementara jika domba, masih dikisaran Rp 1,8 juta – Rp 2 juta untuk bobot 30 kg.

Maka, untuk menyiasati agar stock hewan qurban Quis PPPA berkualitas,..
pantas, dan syari untuk syarat qurban, sejak 5 bulan lalu pemeliharaan ternak domba dan sapi sudah disiapkan. Programnya pemberdayaan peternak melibatkan 60 peternak kecil.

Pada awal pekan lalu, stock di Garut, Cianjur, dan Jawa Timur sudah mencapai bobot 28 kg – 32 kg. Beberapa ada yang mencapai..
35 kg. Sementara stock sapi di Sulawesi, NTB, dan Sukabumi sudah mencapai rata-rata 300 kg. Dengan segala ikhtiar pembenahan tiap tahun, insya Allah qurban Anda melalui Quis PPPA bisa ditunaikan dengan hewan qurban yang berkualitas, pantas, dan syari.

Pada tahun depan, meski sudah dimulai tahun ini secara..
perlahan, PPPA akan melibatkan pequrban untuk memilih hewan qurbannya. Harapannya, pequrban bisa tahu lebih dahulu, bentu fisik qurbannya yang akan didistribusikan ke berbagai pelosok.

Semoga ikhtiar ini menjembatani kesempurnaan ibadah qurban Anda. Wallahu’alam.

Geser halaman untuk melihat halaman lainnya..



Berita terakhir lainnya pada periode ini ..