Arsip Berita | Januari 2015
Rumah Qur’an Hadir di Cibuyutan

  27 Januari 2015    2,478

Kampung Cibuyutan,kecamatan Tanjungsari, Kabupaten Bogor terletak pada ketinggian 700 Mdpl (meter di atas permukaan laut) tepat di Gunung Sungging. Kampung ini juga perbatasan dari tiga desa, yakni Desa Sukarasa, Desa Selawangi dan Desa Cibadak. Karena letaknya yang berbatasan dengan tiga..
desa, maka ada beberapa jalan yang bisa dilalui untuk mencapai lokasi tersebut.

Salah satu jalan yang bisa ditempuh menggunakan mobil adalah melalui Cibubur. Selepas keluar tol Cibubur arahkan kendaraan ke arah Cileungsi dan dilanjutkan menuju arah Cianjur selatan lalu berhenti di..
Desa Sukarasa dan atau Desa Cibadak dengan jarak tempuh sekitar 60 Km. Selama perjalanan kita akan melihat Hamparan sawah dan pemandangan yang indah.

Desa Sukarasa adalah tempat terakhir mobil bisa melaju. Selanjutnya kita harus berjalan kaki atau naik ojeg untuk sampai..
di desa Cibuyutan. Jika naik ojeg maka kita harus mengeluarkan uang sebesar Rp. 50.000,- untuk sekali jalan.

Jalanan untuk mencapai Kampung Cibuyutan cukup terjal. Jalan masih berupa tanah dan tatanan batu serta melewati beberapa jembatan kayu. Namun rasa lelah tidak akan..
terasa mengingat kita akan disuguhkan pemandangan alam yang bergitu indah bukti bukti nyata kebesaran Allah SWT.

Setelah 1 jam berjalan kaki maka tibalah di Kampung Cibuyutan. Di Kampung ini terdapat bangunan sekolah Madrasah Ibtidaiyah serta rumah-rumah penduduk yang sebagian besar..
masih berupa rumah semi permanen karena bangunan rumahnya terbuat dari bilik atau anyaman bambu serta berbentuk rumah panggung.   Ada 120 kepala keluarga yang tinggal di Kampung Cibuyutan ini dengan rata-rata bermata pencaharian sebagai petani. Penghasilan rata-rata masyarakat adalah Rp.350.000,-..
Per bulan. Disini juga masih sangat susah akses komunikasi.

Di Kampung ini Daarul Qur’an sedang melakukan proses pembangunan Rumah Qur’an. Adapun proses pembangunan rumahnya memakan waktu sekitar 14-21 hari kerja mengingat lokasi yang jauh dari toko bahan bangunan. Karena jauh dari..
toko bahan bangunan maka bahan dan material yang digunakan didapatkan langsung dari lingkungan sekitar. Kayu yang digunakan untuk membangun rumah didapatkan dari kebun milik warga yang memang khusus menanam kayu. Kayu yang digunakan adalah kayu afrika dan sengon, sedangkan untuk..
tambahannya ada bambu dan kayu pohon kelapa

Setelah bahan material terkumpul maka proses selanjutnya adalah proses pengangkutan yang dilakukan dengan cara dipikul atau dibawa menggunakan motor. Lokasi bahan dan material tidak hanya pada satu titik melainkan di beberapa titik dengan jarak..
antara 2-3 Kilometer. Apabila kondisi hujan maka prose pengangkutan dihentikan sementara karena kondisi jalan yang licin.

Proses pengerjaannya dilakukan secara bersama dan sebagian masih menggunakan alat tradisional tanpa adanya bor mesin untuk membuat lubang dan gerinda untuk menghaluskan. Keterampilan para tukang..
pun menjadi penentu mengenai seberapa kokohnya bangunan berdiri dan seberapa lama proses pengerjaannya.

Kehadiran Rumah Qur’an diharapkan akan menjadi syiar dakwah Qur’an yang akan menghasilkan para penghafal Qur’an dari kampung Cibuyutan. 

Geser halaman untuk melihat halaman lainnya..



Berita terakhir lainnya pada periode ini ..