Arsip Berita | Desember 2016
Posko Medis di Perbukitan Abah Leung

  13 Desember 2016    1,461

 

Sudah sepekan lamanya peristiwa memilukan, gempa di Aceh terjadi. Tercatat ratusan jiwa mengalami luka ringan dan berat, bahkan meninggal dunia.

Meskipun dibalik kesedihan, terkait urusan kemanusiaan tidak sedikit tangan yang akan bergerak. Seperti yang dilakukan..

warga di perbukitan Gampong Abah Lung, Pidie Jaya, Aceh.

Walau mereka pun korban dari musibah ini, tetapi mereka tak ragu untuk membantu lainnya. Kekompakan mereka ini nampak saat membantu tim SIGAB mendirikan posko media maupun Dapur Umum.

Program..

Officer, Jahidin Jay mengungkapkan, usai mendirikan posko di Meunasah yang ada di sekitar perbukitan Gampong Abah Lung, sebagian warga memilih bermalam di sana. Mengingat, warga masih trauma akan peristiwa yang mengerikan itu, was-was apabila gempa susulan terjadi lagi saat kembali..
ke rumah.

"Lagi pula, 80 persen rumah warga di sekitar posko SIGAB mengalami rusak ringan, parah hingga tak layak huni. Tak ayal, warga lebih memilih mendirikan tenda seadanya," tambahnya.

Sesunguhnya, hanya syukur kepada Allah Ta'ala, raga ini masih..

bergerak dan hadir untuk membantu lainnya. Tiga orang tim medis SIGAB tak lelah berupaya memberikan perawatan yang dibutuhkan warga setempat.

Rata-rata warga mengalami cedera ringan, darah tinggi, sakit kepala dan gatal-gatal. Termasuk, melayani sirkumsisi (khitanan) untuk anak-anak maupun remaja..

yang belum dikhitan.

"Alhamdulillah, para orang tua sangat senang dengan hadirnya layanan ini. Kedepannya, mereka tak akan khawatir untuk mengkhitankan putra mereka," ujarnya.

Diketahui, mayoritas pendidikan warga setempat hanya sejauh pendidikan SMP. Dikarenakan, akses pendidikan yang sulit. "Hal..

itu memaksa kami untuk berladang kakao dan padi gunung, untuk memnuhi kebutuhan sehari-hari, karena pendidikan yang kurang," jelas Reza, pemuda setempat.

Dikarenakan lokasi perbukitan pula lah, yang membuat bantuan sulit memasuki daerah ini. Padahal, sedikitnya ada 150 KK yang..

terdampak gempa beberapa 7 Desember lalu. Tim SIGAB menemukan lokasi ini, setelah menyisir jalur bukit di Pidie Jaya sepanjang 10 KM dari pusat kabupaten.

Geser halaman untuk melihat halaman lainnya..

Photo lainnya dalam Berita ini ..




Berita terakhir lainnya pada periode ini ..