Arsip Berita | Desember 2016
Posko SIGAB Gempa Aceh di "Zona Merah"

  21 Desember 2016    1,825

Masih terekam jelas peristiwa memilukan bagi warga Pidie Jaya, Aceh 7 Desember lalu. Gempa 6,5 skala hicter itu meluluhlantakan sebagian rumah warga, bahkan hingga rata dengan tanah.

Tercatat, 100 lebih korban meninggal dunia dan ratusan warga terpaksa..

mengungsi. Sedang, sebagian lainnya memilih bertahan dengan tenda seadanya di depan rumah mereka.

Pidie Jaya dikenal dengan daerah rentan bencana. Teringat 2004 silam, sebagian besar wilayah Aceh dihantam tsunami. Hingga saat ini pun, trauma masih menyelimuti warga Aceh. Tal..

ayal, sedikit bumi bergoncang, warga langsung berhamburan keluar rumah dan menyelamatkan diri.

Namun, naas sebagian warga masih tertidur, karena gempa terjadi sebelum shubuh. Sebagian warga yang terbangun langsung menyelamatkan diri, ke tempat yang lebih aman.

Sedang yang lainnya,..

harus mengalami tertimbun, tertimpa ataupun terhimpit dinding-dinding. Mereka yang selamat, tak sedikit yang mengalami memar, lecet, patah tulang hingga luka berat.

Alhamdulillah, atas izin Allah Ta'ala, tim Santri Siaga Bencana (SIGAB) langsung bertolak dari Bandara Soekarno Hatta ke Sultan..

Iskandar Muda, Banda Aceh, esok shubuh (8/12). Di sana, kami disambut beberapa relawan PPPA yang berangkat dari daerah Takengon, Aceh Tengah.

Tiba di Pidie Jaya, tim SIGAB segera melakukan survey lapangan. Dua hari pasca gempa, bantuan mulai berdatangan dan..

menumpuk di pusat kota. Karena, mayoritas bantuan diserahkan ke posko-posko yang terlihat di dekat jalan utama.

Namun, posko yang berada di kampung-kampung diminta mengambil bantuan di posko utama, tepat di pusat kota. Sedangkan, sebagian posko di pelosok memilih untuk..

menunggu para dermawan menyambangi.

Oleh karena itu, tim SIGAB memutuskan mencari lokasi yang belum tersentuh bantuan. Pencarian ini membutuhkan waktu dan nyali.

Menyisir perbukitan yang tidak tentu arah, sedikitnya informasi maupun petunjuk dari warga, dan keberanian serta keputusan..

tepat. Mengingat, medan yang dilalui tidaklah mudah karena harus melewati perbukitan yang cukup sulit.

Alhamdulillah, tibalah tim SIGAB di ujung bukit Abah Lueng, Bandar Baru, Pidie Jaya, Aceh. Nampak, tidak ada sekotak bantuan pun di lokasi ini. Padahal, sebanyak..

150 KK berdiam di daerah ini dan terdampak pula gempa.

Tak terhitung rumah warga yang hancur dan lainnya retak ringan hingga parah. Mayoritas warga pun memilih bermalam di tenda seadanya di depan rumah mereka.

Lokasi Abah Lueng berada..

di ujung bukit, tak ayal jika bantuan tidak sampai di daerah ini. Dan, bantuan lebih banyak diserahkan di posko Jiem-Jiem, sebuah desa sebelum Abah Lueng. Lokasi Jiem-Jiem lebih familiar mengingat, lokasi tersebut merupakan pos Kompi Senapan B milik TNI AD.

style="text-align: justify;">Selama tim berada di sana, tak sedikit yang bertanya tentang keberadaan posko SIGAB PPPA Daarul Qur'an di Abah Lueng. Dari warga sekitar Pidie, mitra Daarul Qur'an maupun NGO lainnya. Terkait soal "nekad" tim SIGAb mendirikan posko yang jauh dari..
kota, sekitar 25 KM dari pusat kota. Ditambah, lokasi ini adalah "Zona Merah" di masa-masa konflik silam.

Benar, Abah Lueng dikelilingi perbukitan dan sungai besar. Menurut cerita warga, Abah Lueng merupakan saksi hidup konflik yang mengerikan. Menjadi lokasi perebutan..

anatar TNI dan kombatan GAM, baku tembak pun berjatuhan.

Bahkan, warga di sana sangat akrab dengan Panglima GAM, Teungku Abdullah Syafiie. Selain itu, ia seringkali menginap di Meunasah, tempat yang saat ini menjadi posko SIGAB.

Terima kasih kepada..

seluruh donatur PPPA Daarul Qur'an dan masyarakat Indonesia yang telah memberikan kepeduliaanny untuk warga Pidie Jaya. Melalui SIGAB, kepedulian itu dapat berlangsung melalui Dapur Umum untuk mensuplai logistik warga, tenda, pakaian, posko media, trauma healing bersama MoQu.

InsyaAllah, kedepannya..

akan berlanjut pada program jangka panjang Kampung Qur'an dan Rumah Tahfidz. Bismillah.

 

 

 

Geser halaman untuk melihat halaman lainnya..

Photo lainnya dalam Berita ini ..




Berita terakhir lainnya pada periode ini ..