Arsip Berita | Januari 2017
Menghafal Qur'an dengan Metode Al Qosimi

  17 Januari 2017    2,862

Cisarua, Bogor - SDM PPPA Daarul Qur'an diberi kesempatan mengikuti pelatihan menghafal Qur'an dengan metode Al Qosimi. Kegiatan ini dipimpin langsung oleh Ustadz Abu Hurri Al Qosimi sang penemu metode.

Ustadz Qosim, sapaan akrab meyakini, metodenya dapat membuat setiap orang yang..
belajar menghafal Qur'an bisa cepat menerapkannya. Bahkan hafalannya akan tergaja cukup lama.

"Metode Al Qosimi adalah metode cepat, kuat dan praktis untuk menghafal Alqur'an. Dipraktekkan bersama maupun tanpa guru. Dari usia pra sekolah hingga lansia dan sangat menyenangkan," kata Ustadz Qosim..
di Villa Safari, Taman Safari Indonesia, Sabtu (15/1).

Sejumlah kiat-kiat menghafal Qur'an dipaparkan Ustadz Qosim kepada SDM PPPA Daarul Qur'an yang antusias mengikuti gelaran ini.  Menurutnya, rumusan pertama menghafal adalah dengan meningkatkan khatam Qur'an.

Riuh merdu ayat-ayat Al Qur'an dilantunkan, peserta mengikuti..
setiap bacaan yang keluar dari Ustad Qosimi. Sesekali beliau memberi penjelasan tahapan-tahapan hafalan.

Ustadz Qosim mengatakan, membaca ayat-ayat yang ingin dihafal secara berulang kali akan lebih cepat diingat. Sementara untuk menjaga hafalan harus sering melakukan murajaah.

"Jadi pertama dibaca dulu 40 kali,..
kedua baru menghafal. Kemudian terakhir murajaah. Karena konsepnya membaca berulang-ulang juga termasuk murajaah," ujarnya.

Ustadz Qosim mencontohkan, saudara-saudara muslim yang setiap malam Jum'at membaca Surat Yasin. Kebanyakan dari mereka tak disengaja hafal meskipun tidak berniat menghafal. Hal itu lantaran mereka sering..
mengulang bacaan Surat Yasin.

"Apakah mereka sengaja menghafal ? Tidak. Paham bahasa Arab ? Tidak. Modal menghafal ini asal mau baca dan mau bersuara," ucapnya.

"Waktu banyak, dapat hafalan banyak. Waktu sedikit, dapat hafalan sedikit. Gak punya waktu, bohong. Sejauh mana anda..
menghafal Qur'an. Maka balasannya akan setimpal," tuturnya.

Peserta didorong untuk sesering mungkin membaca Al Qur'an, hingga setiap nafas yang dihirup dan dikelurkan mengandung ayat-ayat Al Qur'an, tentunya capaian itu semua dibutuhkan modal utama menghafal yakni memiliki kemauan kuat, ikhlas dan sabar.

Ustad..
Qosimi juga memberikan beberapa tips untuk menjaga hafalan Qur'an diantaranya dengan banyak melakukan pengulangan, banyak menyimak dan yang paling penting menjauhi maksiat. Umat Islam tidak akan kenyang membaca Alqur'an kalau hatinya bersih.

Geser halaman untuk melihat halaman lainnya..



Berita terakhir lainnya pada periode ini ..