Arsip Berita | Mei 2017
Bantu Korban Banjir Bandang Magelang

  02 Mei 2017    721

Banjir Bandang menimpa Kecamatan Grabag, Magelang, Jawa Tengah, 29 April lalu. Tim Siaga Bencana (SIGAB) PPPA Daarul Qur’an Yogyakarta pun langsung meninjau lokasi bencana pada 30 April. Dari hasil survei, banjir bandang kali ini merusak lima kampung di Kecamatan Grabag yakni Sambungrejo, Nipis, Karanglo, Kalisapi, dan Deles. Akses masuk menuju lokasi bencana hanya bisa dilalui dengan jalan kaki sejauh 3 KM dari pos terdekat.

Musibah ini pun menimbulkan korban jiwa di masing-masing kampung. Kampung Sambungrejo misalnya, enam orang yang di antaranya dua balita dan satu ibu hamil dinyatakan meninggal dunia. Tiga orang dirawat di Rumah Sakit (RS), empat rumah rusak berat dan 70 orang mengungsi di rumah saudara mereka masing-masing. Di lokasi ini, posko kesehatan dan dapur umum sudah didirikan.

Sementara di Kampung Nipis, dua korban masih dinyatakan hilang. Satu rumah juga raib diterjang arus banjir dan dua rumah rusak berat. 102 korban pun mengungsi. Banjir yang begitu besar membuat daerah ini kekurangan air bersih. Meski sudah ada dapur umum, namun belum ada posko kesehatan di kampung ini. Pun dengan Kampung Karanglo yang juga belum memiliki posko kesehatan. Meski tak ada korban jiwa, dua rumah dinyatakan hilang dan tiga rumah rusak ringan dengan jumlah pengungsi 21 orang.

Sementara di Kampung Kalisapi, satu rumah hilang dan ada 17 pengungsi di daerah ini. Terakhir di Kampung Deles, dua korban dinyatakan hilang, empat rumah raib dan dua rumah rusak berat. Seperti Kampung Nipis, daerah ini juga mengalami krisis air bersih. Jembatan untuk akses menuju kampung ini untuk sementara belum bisa dilewati lantaran tertutup tanah. 40 korban pun mengungsi di sekitar dapur umum yang didirikan di daerah tersebut.

Yuk, bantu saudara-saudara kita yang saat ini jadi korban banjir bandang di Kecamatan Grabag, Magelang. Posko kesehatan, dapur umum dan air bersih jadi kebutuhan yang sangat mendesak di daerah ini terutama di Kampung Nipis dan Deles. PPPA Daarul Qur’an Yogyakarta sendiri akan segera mendirikan posko kesehatan dan dapur umum. “InsyaAllah, dua sampai tiga hari ke depan sudah berdiri. Kami juga akan terus melisting kebutuhan yang belum terpenuhi dan memang sangat urgent untuk para korban,” ujar Kepala Cabang PPPA Daarul Qur’an Yogyakarta, Maulana Kurnia Putra.

Salurkan sedekah anda melalui rekening kemanusiaan PPPA Daarul Qur'an

CIMB Niaga Syariah 520-01-00384-006

Mandiri 101-00999-19993

BCA 603-030-8059



Berita terakhir lainnya pada periode ini ..