Arsip Berita | Agustus 2019
Merayakan Kurban dan Hari Kemerdekaan Ala Warga Kampung Dukuh

  17 Agustus 2019    211

Daging kurban yang dinikmati umat Islam, bukan hanya mendatangkan suka cita bagi seluruh muslim. Perayaan hari rayanya pun, bisa jadi ajang silaturahim, gotong royong dan dakwah syiar Islam secara serentak.

Bahkan, keceriaan Idul Adha 1440 H yang bertepatan dengan pertengahan bulan Agustus, juga menjadi momen untuk merekatkan warga lewat acara lomba..
17-an, menghafal Alquran bersama, sekaligus pembagian daging kurban.

Inilah potret agenda distribusi daging kurban di Kampung Dukuh, Cibubulang, Kabupaten Bogor oleh PPPA Daarul Qur’an Cabang Bogor. Dari anak kecil, remaja, hingga ibu-ibu turut merasakan keceriaan dengan adanya kegiatan yang digagas PPPA Daarul Qur’an Bogor tersebut.

“Kampung Dukuh sampai saat ini warganya belum..
dapat daging kurban. Ada sih yang dapat, tapi enggak rata kebagian semua. Dan di sini ada 60 janda yang sangat membutuhkan. Janda-janda itu rata-rata memiliki banyak anak,” tutur Kang Agung, sebutan untuk Agung Rahmatullah (26), seorang warga Kampung Dukuh yang peduli dengan kondisi lingkungannya.

Menurut Bu Siti (55), salah satu janda..
yang baru saja kehilangan suaminya 40 hari lalu, kehadiran kurban kali ini sangat dibutuhkan olehnya. Pasalnya, ia dan beberapa janda yang lain jarang menyantap daging di hari-hari biasa. “Kalau enggak ada kurban, ya, enggak makan daging,” tuturnya.

Selain pembagian daging kurban, dalam kesempatan kali ini, PPPA Daarul Quran Bogor juga turut..
membagikan mushaf Al-Qur’an untuk semua penerima manfaat. “Kemarin cucu baru aja minta Al-Qur’an baru, saya bilang nunggu ada rezeki dulu ya. Alhamdulillah, hari ini saya malah dapat gratis. Alhamdulilla, terima kasih sekali,” ungkap Bu Rani (60) yang juga seorang buruh cuci ini.

Menurut Diki Alauddin, Pimpinan Cabang PPPA Daarul Qur’an Bogor,..
di tahun ini perolehan kurban melalui Daqu Bogor meningkat dari tahun sebelumnya. Sebanyak 2 ekor sapi dan 79 ekor kambing terhimpun dari para pekurban untuk didistribusikan bagi para dhuafa di wilayah sekitar Bogor. (Mariana)

Geser halaman untuk melihat halaman lainnya..



Berita terakhir lainnya pada periode ini ..