Arsip Berita | Februari 2020
RTC Wilayah Yogyakarta Gelar Ujian Tahfidz Triwulan

  13 Februari 2020    272

Rumah Tahfidz Center (RTC) Wilayah Yogyakarta menggelar ujian tahfidz untuk para santrinya pada 5-6 Februari 2020. Ujian triwulan ini diselenggarakan di Grha Tahfizh 1 PPPA Daarul Qur’an Yogyakarta dan dibuka langsung oleh Koordinator Rumah Tahfidz Wilayah Yogyakarta, Ustadz Ulil Abshar.

Ujian kali ini dilaksanakan untuk menguji..
kualitas hafalan Al-Qur’an para santri dalam kategori 2-25 juz. Salah satu santri yang menjadi peserta ujian adalah Aufa. Ia nampak gelisah meski mengaku sudah muraja’ah setiap hari setelah pulang sekolah.

“Iya Mbak, biasanya saya muraja’ahnya setelah pulang sekolah, itu hampir setiap hari sejak pemberitahuan ujian ini...
Tapi tetap saja tadi itu rasanya grogi. Mungkin ini karena dilihat banyak orang. Biasanya kan kalau di pondok tidak seterbuka ini,” ujar Aufa yang salah satu santri Rumah Tahfizh Al-Islam dan masih duduk di bangku madrasah Aliyah (MA) ini.

Menurut Ustadz Ulil, ujian ini digelar untuk..
melihat seberapa jauh tingkat kualitas hafalan santri-santri rumah tahfidz di wilayah Yogyakarta.

“Setelah ujian selesai, terlihat di antara santri peserta ujian, meski sudah menyetorkan hafalan 25 juz kepada gurunya, ternyata baru mampu ikut ujian 8 juz. Mudah-mudahan dengan keikutsertaannya dalam ujian ini, semakin tumbuh rasa semangat..
menjaga dan menambah hafalan Al-Qur’an,” ujarnya.

Pada kesempatan ini, Ustadz Ulil juga berpesan kepada santri rumah tahfidz bahwa ada banyak cara utuk menjaga hafalan. “Bisa dengan metode muraja'ah kembali hafalan kita atau dengan menyetorkan kembali hafalan kepada guru. Selain itu, cara lain adalah dengan simaan. Karena..
dengan simaan kita tahu tingkat kekuatan hafalan kita. Meski ujian ini kita pakai sistem MHQ, saya harap para santri tetap kuat menjaga semangat dan selalu istiqomah,” ujarnya. (maulana/mnx)

Geser halaman untuk melihat halaman lainnya..



Berita terakhir lainnya pada periode ini ..