PROGRAM PPPA DAQU

Bidang Pendidikan dan Dakwah


Simpatik Guru

Simpatik Guru adalah program bantuan honor untuk guru, da’i, dan para pendakwah Al-Qur’an yang telah mengabdi dalam dunia pendidikan dan dakwah selama minimal 3 tahun.

Bantuan Simpatik Guru diberikan untuk jangka waktu 3 tahun setelah assessment dengan evaluasi dan monitoring 6 bulanan. Besarnya bantuan atas dasar cakupan dakwah. Sedangkan, pendampingan diberikan per 6 bulan untuk peningkatan kapasitas penerima program Simpatik Guru.

Tujuan Program

Tujuan program Simpatik Guru adalah sebagai berikut:

  • Memberikan dukungan kepada guru, da’i, dan para pendakwah AlQur’an dalam menjalankan pengabdian di dunia pendidikan dan dakwah.
  • Memberikan pembinaan dan pendampingan kepada guru, da’i, dan para pendakwah Al-Qur’an untuk meningkatkan kapasitas dan kompetensi dalam mengajar dan mendidik.
  • Membantu gerakan dakwah Al-Qur’an ke seluruh daerah.

Prinsip Program 

Program Simpatik Guru beraktivitas atas dasar prinsip keberpihakan kepada para guru, da’i, dan para pendakwah Al-Qur’an dalam berjuang di masyarakat.

Sasaran Program

Program Simpatik Guru untuk kategori guru honorer, guru ngaji, da’i, dan para pendakwah Al-Qur’an di pelosok daerah, wilayah pinggiran, minoritas, atau komunitas marjinal.

Kriteria Penerima Program

Kriteria penerima program Simpatik Guru adalah orang yang memenuhi syarat sebagai berikut:

  • Ruang lingkup dakwah Qur’an di daerah pelosok, wilayah pinggiran, minoritas, atau komunitas marjinal.
  • Telah mengabdi dalam dakwah Qur’an minimal 3 tahun dan minimal mendampingi 20 orang (santri maupun masyarakat) di aktivitas sehari-hari.
  • Mengajar di madrasah, TPA/TPQ, masjid, atau majelis taklim.
  • Berkomitmen menambah kapasitas diri, sendiri ataupun melalui pendampingan PPPA Daarul Qur’an selama mengikuti program.
  • Peningkatan kapasitas di bidang tahsin, tahfidz, dakwah, dan cara mengajar.

Output dan Indikator Keberhasilan Program

Output dan indikator keberhasilan program Simpatik Guru adalah sebagai berikut:

  • Program mampu memberikan manfaat bagi 1.000 guru, da’i, dan para pendakwah Al-Qur’an terutama yang mendidik santri dari keluarga kurang mampu di seluruh Indonesia dalam 3 tahun.
  • Guru, da’i, dan para pendakwah Al-Qur’an yang memenuhi kriteria mendapatkan tunjangan hidup rutin setiap bulan untuk membantu memenuhi kebutuhan hidup sehari-hari.
  • Guru, da’i, dan para pendakwah Al-Qur’an memperoleh program pembinaan dan pendampingan untuk meningkatkan kapasitas.

Jangka Waktu

Jangka waktu program Simpatik Guru selama 3 tahun dan berlanjut terhitung setelah assessment dengan syarat tidak ada catatan buruk dan penurunan kapasitas dalam evaluasi rutin setiap 6 bulan. Masa toleransi program 3 bulan.

 


Konten lainnya dalam Modul PROGRAM PPPA DAQU / Bidang Pendidikan dan Dakwah ini ..